Wednesday, September 9, 2009

Waaaah, Aku Menstruasi

Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling spesial walaupun manusia termasuk ke dalam Kingdom Animalia, terutama wanita. Setiap spesies dalam Kingdom Animalia memiliki siklus estrus (disebut siklus menstruasi pada manusia dan primata), namun hanya manusia (wanita) yang bisa mengalami menstruasi. Bayangkan betapa luar biasanya ciptaan Tuhan yang disebut manusia ini. Jadi, kalian wanita harus bangga atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kalian.

Kita sekarang akan bahas apa sih menstruasi itu dan bagaimana menstruasi itu. Menstruasi berasal dari bahasa latin, menses yang berarti bulan. Pada manusia siklus ini biasa tejadi 21-35 hari sekali. Menstruasi dapat diartikan sebagai luruhnya sel telur yang tidak dibuahi beserta lapisan dinding uterus.

Siklus menstruasi pada wanita terdiri dari tiga fase, yaitu fase proliferasi (esterogenicfase), fase sekresi (progesteronic fase), fase menstruasi.
a.Fase Proliferasi
Setelah menstruasi setiap bulan, hipofisis anterior akan mensekresikan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormon). Hormon ini berfungsi untuk pemasakkan ovum dan folikel Graaf. Selama proses itu terjadi pembentukan dan pengeluaran hormon esterogen. Esterogen ini berfungsi untuk menebalkan endometrium rahim. Sselain itu hormon ini juga mempengaruhi kelenjar serviks untuk mengeluarkan cairan yang encer.

Adanya esterogen kan menghambat pengeluaran FSH dan memacu pengeluaran LH (Luteinizing Hormon) yang dikeluarkan oleh lobus anterior hipofisis. Hal ini menyebabkan folikel Graaf pecah dan ovum terlepas dari ovarium.

b.Fase Sekresi
Folikel Graaf yang pecah berubah menjadi korpus rubrum yang mengandung banyak darah. Dengan adanya LH korpus rubrum berubah menjadi korpus luteum (badan kuning) yang mensekresikan hormon progesteron. Jika tidak ada pembuahan, maka korpus luteum akan berdegenerasi sehingga progesteron dan esterogen menurun bahkan sampai tidak dikeluarkan lagi.



c.Fase Menstruasi
Tidak dikeluarkannya lagi hormon esterogen dan progesteron menyebabakan endometrium berdegenerasi. Darah dan lapisan endometrium meluruh dan dikeluarkan sebagai darah haid melaui rongga uterus ke vagina. Hal itu juga menyebabkan FSH diproduksi lagi .


Selain hal-hal tersebut biasanya seorang wanita mengalami tanda-tanda bahwa dia akan mengalami haid atau yang biasa disebut dengan PMS (Pra Menstruation Syndrom). Seperti yang kita tahu bahwa pada saat menstruasi terjadi perubahan hormon. Lalu apa sih yang menyebabkan payudara kita mengencang sebelum atau saat menstruasi? Itu terjadi jika kita terlalu banyak makan makanan yang mengandung garam. Sesuai dengan prinsip osmosis, tubuh kita akan menyimpan banyak air dan air tersebut banyak terkumpul di payudara sehingga payudara akan mengencang. Garam juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik, sehingga mengakibatkan perubahan emosional yang kadang tidak terkontrol.

No comments: